Memasuki awal tahun baru, adalah waktu yang tepat untuk melihat kilas balik bisnis di tahun sebelumnya, apakah sudah sesuai dengan tujuan Anda atau malah belum sampai pada tujuan yang diinginkan? Jangan pernah menyepelekan evaluasi bisnis, sekecil apapun bisnis yang Anda miliki.
Setelah melakukan evaluasi, tentukan juga masa depan bisnis Anda. Target apa yang ingin Anda capai. Bagaimana dan dengan cara apa yang dapat dilakukan untuk mencapai target tersebut?
Ini adalah hal yang paling fundamental. Ke arah mana bisnis Anda akan berjalan. Tentukan target sejelas dan sespesifik mungkin. Misalnya “Peningkatan penjualan sebesar X%” atau “Membuka 2 cabang baru di daerah X dan Y”. Karena semakin spesifik target Anda, semakin mudah juga Anda untuk membuat pemetaan strategi bisnisnya.
2. Jadilah realistis
Lihatlah performa bisnis saat ini. Apakah sudah memungkinkan untuk menjalankan strategi untuk mencapai target yang Anda buat? Performa bisnis tidak selalu dengan angka atau nominal. Ya, keuntungan, angka, dan nominal memang penting. Tetapi banyak juga hal-hal yang bisa dihitung untuk menilai kesuksesan performa bisnis Anda, yaitu manfaat serta impact yang diberikan untuk konsumen Anda.
3. Merealisasikan ide-ide serta strategi bisnis yang sudah direncanakan
Ide-ide brilian dan inovatif jika tidak direalisasikan hasilnya akan nol. Maka dari itu, setelah menyusun target dan melihat performa bisnis Anda, keluarkanlah ide-ide untuk bisnis Anda dan buatlah jadi kenyataan. Dalam menjalankan strategi ini, Anda perlu memperhatikan biaya, tanggung jawab, dan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan srategi bisnis Anda.
Untuk memperlancar strategi bisnis Anda, Anda dapat menggunakan tools seperti aplikasi STOCKIN POS supaya urusan bisnis jadi lebih praktis. Dengan fitur-fitur yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan, STOCKIN POS dapat membantu mempermudah Anda untuk mencapai target yang diinginkan. Gunakan STOCKIN sekarang dan dapatkan gratis penggunaan selama satu bulan. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap. Salam sukses!